Good Goods Needed

Saat yang paling bisa di pastikan bahwa kita akan segera bekerja di kapal pesiar sungai adalah ketika kita sudah medical chek up dan mendapat kepastian tanggal keberangkatan. Bahkan kadang tanggal keberangkatan mungkin sekali mendadak karena proses dari teman atau orang lain dalam mengurus dokument terhambat oleh suatu hal. Jika kita memang kita sepenuh hati ingin bekerja di kapal sungai maka dengan sisa waktu yang ada kita harus mempersiapkan barang-barang kebutuhan kita selama bekerja di kapal pesiar sungai.

Apa saja yang harus kita bawa agar kita nyaman bekerja di kapal pesiar sungai? Berikut penulis coba susun untuk yang membutuhkan.

Sudah punya travel bag kan? atau mungkin kardus mie juga boleh, biar seperti pemudik pulang kampung heee. Nope! goods

1. Pakaian

  • Seragam/ Uniform; memang perusahaan biasanya sudah menyiapkan seragam. Tetapi kadang bermasalah dengan ukuran. Maklum standar eropa dan asia berbeda. Minimal kita siagakan celana panjang hitam, kemeja putih lengan panjang, kemeja putih lengan pendek. Jika ternyata pakaian yang kita bawa bukan standar perusahaan kapal pesiar sungai tempat kita bekerja ya di simpan saja.
  • Harian/ Bebas; seperti yang kita butuhkan setiap hari di rumah. Jangan banyak-banyak. Karena bisa di pastikan kita nanti pengen beli pakaian di sana juga. Yang jelas pakaian dingin harus bawa.
  • Sepatu; untuk sepatu kerja bawalah minimal 2. Karena mobilisasi kita ketika bekerja membuat boros sepatu. Terutama yang bekerja di restaurant, Bar dan Kitchen (untuk kitchen staff biasanya perusahaan menyediakan safety shoes, tapi jangan terlalu berharap deh)
  • Kaos Kaki; Hufff … sensitif bro/sist. Jika kita punya masalah denga bau kaki bawalah sebanyak-banyaknya kaos kaki yang berbahan menyerap keringat. Sering-seringlah di cuci dan ganti. Banyak kejadian teman cabin kita tidak nyaman tinggal secabin dengan kita hanya karena masalah ini hihihihiii ….
  • Pakaian Dalam termasuk kaos putih untuk daleman kemeja putih sragam kita.

2.  Obat-obatan : hanya diri ita yang tahu seberapa kuat fisik kita. Dan serangan penyakit apa saja yang sering kita terima dari penjahat penyakit. Tidak ada yang mengharapkan kita sakit sesepele apapun di kapal. Tetapi sedia payung sebelum hujan akan membuat kita merasa aman dan nyaman selama bekerja. Memang di kapal sungai tersedia obat-obatan, tetapi berjaga-jaga saja jika ternyata obat-obatan yang di sediakan tidak cocok atau mempan untuk kita.

  • Obat Flu : pergantian musim yang radikal akan sering kita temui di sana. Flu adalah penyakit yang sering di derita oleh crew kapal pesiar sungai. Bawalah yang cocok bagi tubuh kita, secukupnya atau lebih sedikit barang kali akan ada teman yang membutuhkan.
  • Obat Perut : Diare kadang menyerang siapa saja maka obat diare wajib di bawa. Dan obat-obatan sakit perut yang biasa kita rasakan mungkin maag, asam lambung dll.
  • Balsam; seperti counterpain, remashon dll. Atau koyo jika memang di butuhkan.
  • Obat Luka baru; Sperti betadin, tanchoplast/handsaplast dll. Luka tergores biasa terjadi oleh kitchen staff. tapi bukan berarti staff lain tidak mungkin terluka. Jadi alangkah baiknya jika kita juga membawanya.
  • Vitamin.
  • Dan obat-obatan yang lain silahkan sesuaikan dengan kondisi tubuh kita.

3. Makanan : kita sebenarnya memang tidak di ijinkan membawa makanan masuk kenegara manapun. Tetapi untuk makanan yang di bawa sewajarnya tentu akan di ijinkan. Mengingat kadang kita untuk awal-awal tidak cocok dengan makanan di kapal. Silahkan bawa secukupnya saja. Karena sebenarnya di beberapa negara kita bisa membelinya. Sperti di Jerman, Hungaria, Belanda, Austria dan Swiss. Tips paling mudah adalah temukan Toko Asia (China dll) maka akan dengan mudah kita menemukan makanan yang mirip atau malah persis dengan makanan di Indonesia.

4. Alat Elektroni: alat yang di maksud di sini adalah alat-alat yang kita butuhkan saja. TV, Radio, Kulkas dll tidak termasuk.

  • Handphone usahakan bawa 2 atau 1 dengan dual sim card. Di maksudkan 1 untuk simcard dari Indonesia dan 1-nya untuk simcard negara yang kita inginkan.
  • Laptop jika memang di perlukan. Bagi yang suka photografy, menulis, blogging dan mengumpulkan dokument, alat ini sangat berguna. Tatapi ini hanya jika memang di butuhkan. Wifi hunter wajib bawa atau ckup dengan handphone berfitur layanan wifi.
  • Music Player, spertinya di handphone jaman sekarang sudah tersedia. Tinggal isi saja file-file lagu kesukaan kita biar tidak galau di sana.
  • Kamera, kalau hanya untuk dokument jalan-jalan pocket juga cukup atau kamera handphone juga oke. Bagi penggemar Photography seperti penulis, DSLR adalah fatwa wajib heee

5. Uang Saku berbentuk euro dan rupiah. Tidak perlu banyak. 50-100euro dan 500ribu-1jt penulis rasa sudah lebih dari cukup.

Lain-lain adalah gunting kuku, gunting kertas, pulpen, buku bacaan dan alat-alat yang mungkin secara pribadi kita akan butuhkan. Backbag atau tas kecil untuk membawa dan menyimpan dokument juga di butuhkan. Dompet berkapasitas besar jangan lupa barang sepele ini pasti di butuhkan, karena duit yang akan kita kumpulkan heeee

Eh iya … jangan lupa bawa Batik atau pakaian tradisional Indonesia. It’s good time to show our great country, lho! Bisa nyanyi, main musik, menari sangat berguna di kapal saungai. Kita bisa tampilkan saat crew show. Buat asik-asikan gitu seperti teman-teman kita di video ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s